Selasa, 19 Maret 2019

Gunung Bromo, Probolinggo Jawa Timur

Taman Nasional Bromo - Tengger - Semeru - Paket Wisata Bromo 
Taman Nasional ini adalah salah satu tempat menarik paling indah di Jawa Timur. Keindahan gunung yang tertutup, memberikan tanaman hijau yang khas dan khas, membangkitkan minat besar. Pertanian tradisional Tengger juga membuat tempat yang terkenal ini menjadi lebih menarik dan menarik. Selain itu, angin sejuk dan angin semilir selalu berhembus segar memberikan kesan mendalam yang tak terlupakan bagi pengunjung.
Aksesibilitas tidak memiliki masalah dan sangat terjangkau (via Malang, Pasuruan, Probolinggo atau Lumajang).
Tentunya akses yang berbeda memberikan karakteristik pemandangan yang berbeda. Ketinggiannya mencapai sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut dan suhunya bervariasi dari 3 hingga 20 derajat celcius.

Fasilitas: Hotel Bintang, penginapan, restoran, dan banyak lagi yang dibutuhkan pengunjung dapat ditemukan.
Orang-orang yang tinggal di daerah ini seharusnya adalah keturunan dari Kerajaan Majapahit sekitar enam ratus tahun yang lalu. Itu milik Hindu Tengger dengan tradisi lama. Tradisi itu masih bertahan sampai sekarang. Setiap tahun, mereka selalu melakukan upacara tradisional dan keagamaan, dan yang paling populer adalah Yadnya Kasada, upacara persembahan yang diadakan di tepi kawah di puncak gunung Bromo.


Kisah Upacara Persembahan Kasada
Ratusan tahun yang lalu, pada masa pemerintahan raja terakhir Majapahit, Brawijaya, situasinya sangat tidak pasti karena berkembangnya agama baru, Islam. Pada saat itu, sang ratu melahirkan seorang bayi perempuan dan menamainya Roro Anteng, kemudian sang putri menikahi Joko Seger, seorang Kasta Brahma.

Karena pengaruh agama baru itu begitu kuat sehingga menimbulkan kekacauan. Raja dan para pengikutnya terpaksa mundur ke timur, beberapa dari mereka mencapai Bali dan beberapa dari mereka mencapai gunung berapi. silahkan baca juga :


Pasangan yang baru menikah, Roro Anteng dan Joko Seger juga ditemukan di antara para buron yang pergi ke gunung berapi. Kemudian mereka memerintah daerah gunung berapi dan menamainya Tengger. Kata Tengger berasal dari Roro Anteng dan Joko Seger. Kemudian ia menyebut dirinya sendiri riffle Purba Wasesa Mangkurat Ing Tengger yang berarti penguasa benar Tengger.

Tahun demi tahun ketika daerah itu berkembang dalam kemakmuran, Raja dan Ratu merasa tidak bahagia karena tidak memiliki anak untuk menggantikan takhta mereka. Karena putus asa, mereka memutuskan untuk memanjat puncak gunung berapi untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan, Yang Mahakuasa. Secara mendalam, terkesan oleh keyakinan meditasi mereka yang memengaruhi suara gumaman kawah yang terangkat secara ajaib diikuti oleh kilat keemasan yang membuat sekitarnya dikunci dengan sangat gemilang. Doa mereka didengar Tuhan dan akan memberi mereka anak-anak, tetapi mereka harus mengorbankan anak terakhir mereka sebagai balasan. Itu adalah masa depan yang menjanjikan yang tidak dapat disangkal.

Tidak lama kemudian, bayi laki-laki pertama lahir dan Roro Anteng menamainya Tumenggung Klewung. Anak demi anak lahir selama bertahun-tahun dan jumlahnya mencapai 25 yang ia beri nama Kesuma untuk anak terakhir. untuk berkeliling ke bromo harus sewa jeep bromo murah terlebih dahulu.

Roro Anteng dan Joko Seger sangat bahagia sejak itu, cinta dan kasih sayang diberikan kepada anak-anak mereka. Kebahagiaan berlama-lama di tahun demi tahun, tetapi perasaan tumpul dan sedih masih menghantui mereka karena janji mereka akan diklaim suatu hari. Mereka menyadari bahwa mereka tidak bisa lari dari kenyataan, kekecewaan yang pahit karena kehilangan seorang anak yang ditembakkan melalui otak mereka. Hari itu tiba, Tuhan mengingatkan mereka akan janji mereka yang tidak bisa dihindari.

Ketika mereka merasakan betapa kejamnya mengorbankan anak yang mereka cintai, mereka memutuskan untuk melanggar janji mereka dengan tidak menawarkannya kepada Tuhan. Mereka membawa anak-anak mereka untuk menyelamatkan anak terakhir mereka dari persembahan. Mereka mencoba mencari tempat untuk bersembunyi, namun, mereka tidak dapat menemukannya.

Tiba-tiba, letusan gunung berapi yang mengerikan mengikuti ke mana mereka pergi dan secara ajaib Kesuma, anak kesayangan terakhir ditelan ke dalam kawah. Pada saat yang sama ketika Kesuma menghilang dari pandangan mereka, perkelahian yang bergejolak berkurang dan kesunyian yang aneh untuk sementara waktu tetapi sebuah suara tiba-tiba bergema: Hai, saudara-saudaraku yang terkasih. Itu dikorbankan untuk muncul di hadapan Dewa Hyang Widi Wasa untuk menyelamatkan kalian semua. Dan apa yang saya harapkan berada dalam kedamaian dan hidup sejahtera. Jangan lupa untuk mengatur bantuan timbal balik di antara Anda dan untuk menyembah Tuhan terus-menerus untuk mengatur upacara persembahan setiap tahun pada tanggal 14 Kasada (bulan kedua belas dari kalender Tengger) pada bulan purnama. Demi Tuhanmu. .

Saudara dan saudari Kesuma mengadakan upacara persembahan setiap tahun seperti yang disarankan Kesuma dan itu diadakan dari generasi ke generasi hingga sekarang.

Link Sumber http://www.wisatagunungbromo.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar